8 Prinsip Dasar yang Akan Menambah Pengetahuanmu tentang “Survival”

/8 Prinsip Dasar yang Akan Menambah Pengetahuanmu tentang “Survival”

8 Prinsip Dasar yang Akan Menambah Pengetahuanmu tentang “Survival”

Buat para pendaki dan penggiat alam bebas, kemampuan survival sangatlah penting artinya.

Survival berasal dari kata survive yang berarti mampu mempertahankan diri dari suatu keadaan tertentu. Konteksnya tentu saja mempertahankan hidup dari keadaan buruk dan kritis.

Untuk memahami prinsip-prinsip dasar survival, kamu bisa memakai jembatan keledai di bawah ini.

S: Size up the situation

Sadari di mana posisimu. Lihat kondisi lingkungan di sekitarmu, kesehatan temanmu, dan tentu saja diri sendiri. Apakah ada yang cedera? Berapa banyak makanan yang tersisa? Dalam lingkungan seperti apakah kamu berada?

survival

Membuat api via pexels.com/Lum3n.com

U: Undue haste makes waste

Tindakan yang terburu-buru cenderung berujung pada kesia-siaan. Berpikir dan bertindaklah secara bijaksana. Setiap langkah harus dipikirkan dengan mendalam.

R: Remember where you are

Saat survival, penting artinya untuk memahami di mana kamu berada. Pengenalan lingkungan/daerah sekitar sangat esensial untuk memberikan rasa aman.

V: Vanquish fear and panic

Kuasailah rasa takut dan panik. Meskipun merasa takut adalah normal dan perlu, ia harus dikuasai dan dikontrol. Bila tidak terkuasai, rasa takut akan meningkat menjadi rasa panik.

Selain membuatmu bertindak terburu-buru, panik juga akan membuang energi, membahayakan diri sendiri, dan bukan tak mungkin bikin kamu putus asa.

survival

Membuat api via pexels.com/Lum3n.com

I: Improvise

Mengubah cara pandang terhadap apa yang sedang kamu alami adalah hal terpenting dalam berimprovisasi. Isilah waktu dengan dengan aktivitas-aktivitas yang mendukung usaha untuk bertahan.

Buat rencana, hal-hal baru, dan usahakan kebutuhan-kebutuhan yang akan membantumu bertahan hidup.

V: Value living

Bagaimana sikap kamu terhadap hidup akan mempengaruhi kemampuanmu untuk dapat bertahan. Orang yang dapat bertahan/berimprovisasi dalam kondisi survival adalah mereka menghargai hidup dan tidak berputus asa.

survival

Shelter juga penting artinya saat survival via pexels.com/Stephen Paris

A: Act

Ambil langkah untuk bertahan hidup dengan memanfaatkan kondisi di sekitarmu. Gunakan semua peralatan yang tersedia, baik yang kamu bawa maupun yang disediakan oleh alam. Lakukan dengan sebaik mungkin tanpa harus merusak alam.

L: Learn basic skills

Insting memang diperlukan. Tapi, insting saja tidak akan cukup untuk membantumu bertahan hidup. Karena itu jangan pernah berhenti untuk mempelajari teknik-teknik dasar survival.

By | 2018-05-07T08:48:56+00:00 Mei 7th, 2018|Logistik|0 Comments

Leave A Comment