Rute Pendakian Gunung Kembang via Blembem

/Rute Pendakian Gunung Kembang via Blembem

Rute Pendakian Gunung Kembang via Blembem

Terletak persis di samping Gunung Sindoro, Gunung Kembang (2.320 mdpl) biasa disebut sebagai Anak Sindoro. Untuk ke puncak Gunung Kembang, kamu bisa lewat beberapa jalur. Salah satu yang cukup populer adalah Jalur Blembem.

Base camp pendakian Gunung Kembang via Blembem sangat bersih dan terawat. Letaknya di Desa Blembem, Kaliurip, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasi base camp strategis di pinggir jalan, dan dikelilingi oleh perkebunan teh. Penduduk sekitar biasa menyebut daerah base camp itu Dalan Anyar (Jalan Baru).

pendakian gunung kembang via blembem

Menyusuri perkebunan teh/Ucil

Biaya pendakian Gunung Kembang adalah Rp 20.000. Rinciannya: Rp 10.000 untuk tiket, Rp 5.000 fasilitas base camp, dan Rp 5.000 biaya parkir apabila kamu membawa kendaraan sendiri.

Rute pendakian Gunung Kembang via Blembem

Dari base camp, kamu mesti jalan selama 35 menit menuju Istana Katak melewati perkebunan teh yang sangat luas. Trek masih sangat enak. Untuk menuju gerbang pendakian, kamu mesti lanjut jalan sekitar 15 menit lagi.

pendakian gunung kembang via blembem

Trek pendakian yang dinaungi hutan lebat/Ucil

Gerbang pendakian Gunung Kembang via Blembem disebut Kandang Celeng. Dari Kandang Celeng, untuk sampai di Pos 1 (Liliput), kamu mesti jalan sekitar 25 menit menembus hutan yang masih sangat rimbun. Kamu akan menemukan banyak tumbuhan berlumut dan berakar gantung.

Dari Pos 1 menuju Pos 2 (Simpang 3), kamu masih akan lewat hutan yang masih sangat alami. Saking terjaganya ekosistem, kamu bakal menemukan tanaman-tanaman anggrek. Perlu waktu sekitar 20 menit untuk menuju Pos 2 dari Pos 1.

pendakian gunung kembang via blembem

Melewati dahan pohon berselimut lumut/Ucil

Pos 2 dinamakan Simpang 3 karena memang di sana ada pertigaan. Dari Simpang 3 hanya perlu waktu 15 menit untuk menuju Pos 3 (Akar). Tapi treknya semakin menanjak dan hutannya semakin lebat. Setiba di Pos 3, kamu akan paham sendiri kenapa pos ini dinamakan Akar, soalnya banyak akar, baik di tanah maupun yang menggantung.

Berjalan sekitar 40 menit dari Pos 3, kamu akan keluar dari hutan dan tiba di sabana. Kalau musimnya pas, kamu akan melihat bunga-bunga edelweiss yang sedang bermekaran. Lima belas menit dari Sabana, kamu akan mencapai Tanjakan Mesra. Jalan makin menanjak dan rumput kian lebat. Dari Tanjakan Mesra, puncak hanya terpaut sekitar 15 menit. Jadi, estimasi waktu pendakian Gunung Kembang via Blembem adalah sekitar 3 jam.

pendakian gunung kembang via blembem

Sabana/Ucil

Puncak Gunung Kembang bisa memuat sekitar 20 tenda

Meskipun tidak terlalu luas, puncak bisa memuat sekitar 20 tenda. Dari sana, pemandangan indah dan spektakuler. Di depan mata, kamu akan melihat Gunung Sindoro yang tinggi menjulang. Arahkan mata ke kanan dan kamu akan ternganga menyaksikan Gunung Sumbing yang tak kalah gagahnya.

Dari puncak Gunung Kembang tampak sebuah kawah mati yang ditumbuhi rumput hijau. Kawah itu biasa disebut Bimo Pengkok. Di sana terdapat sumber air. Kamu bisa menuruninya.

pendakian gunung kembang via blembem

Puncak Gunung Kembang/Ucil

Tapi jangan heran menemukan sesajen berupa bunga mawar dll. yang diletakkan di atas batu atau rerumputan, sebab menurut penuturan penduduk setempat Gunung Kembang memang biasa didaki oleh orang-orang yang ingin bersemedi.

By | 2018-07-03T06:23:07+00:00 Juli 3rd, 2018|Logistik|0 Comments

Leave A Comment